Hargailah Makanan Anda

poverty_wideweb__430x387
Pernahkah kalian berpikir Anda akan seperti ini? Tentu tidak. Oleh karena Anda masih serba berkecukupan. Tahukah Anda bahwa 20.000 orang mati setiap hari karena kelaparan.
 poverty2
Apa yang Anda pikirkan ketika melihat gambar ini? Perasaan kasihan? Jika kalian masih memiliki rasa belas kasihan, itu bagus.
 povertys
Sekarang coba renungkan gambar ini. Betapa berharganya makanan bagi anak ini. Saya sering melihat teman-teman saya yang ketika sebelum makan mereka berdoa, tetapi setelah makan, masih banyak makanan yang tersisa dan tidak habis dimakan. Pertanyaan saya adalah apakah dengan berdoa sebelum makan, dengan mensyukuri makanan yang telah diberikan itu sudah cukup? Pernahkah kalian berpikir di luar sana banyak sekali orang yang serba kekurangan.
Saya pernah mengikuti suatu retret bertemakan “Hidup Berkesadaran”. Sehabis makan, saya ditegur oleh salah seorang peserta retret. Dia hanya menyuruh saya menghabiskan 1 butir nasi yang tertinggal di piring saya. Saat itu, saya hanya berkata “kenapa tidak sekalian aja piring dan sendok kita habiskan”. Waktu itu juga saya merasa benar, karena saya menganggap 1 butir itu hanya kelalaian saya, dan yang menegur saya itu tidak melihat ribuan butir yang telah saya habiskan. Tetapi sekarang saya sadar, bahwa saya salah setelah membaca renungan ini.
image_thumb24
Satu butir nasi jika dikumpulkan cukup untuk memberi makan orang. Bunda Teresa merasa marah ketika melihat sisa makanan karena dia telah melihat Ethiopia. Anda tahu bahwa Ethiopia adalah negara miskin dan tingkat kelaparan disana sangat tinggi. Pernahkah kalian membandingkan diri Anda dengan gambar di bawah ini.
showletter0027bh
Mungkin di dalam doa sebelum makan Anda, Anda hanya berdoa mengucap syukur dan terima kasih atas makanan yang telah diberikan. Tapi pernahkah Anda berdoa, semoga mereka yang kelaparan mendapat makanan yang layak?
Anak kecil ini sangat tidak berdaya karena kehausan. Bayangkan tubuhnya yang mungil itu. Masihkah Anda berpikir untuk menyia-nyiakan makanan Anda?
Saya berharap, jangan sia-siakan makanan Anda, hargailah makanan Anda.
Di luar sana, banyak yang merasa kelaparan karena kemiskinan. Mereka tak mampu membeli makanan untuk dibeli. Terkadang mereka harus meminta-minta bahkan ada yang berlaku seperti hewan, meminta dikasihani untuk diberi makan.
showletter0041ny
Bunda Teresa pernah berkata : “Jika Anda tidak dapat memberi makan ratusan orang, cukup beri makan satu orang.”
poverty3
Dan saya pun ingin melanjutkan kata-kata dari Bunda Teresa : “Jika Anda tidak dapat memberi makan satu orangpun, hargailah makanan Anda.”
Saya berharap Anda tidak pernah lagi menyia-nyiakan makanan Anda.
Saya berharap di dalam doa sebelum makan Anda, Anda berdoa bagi mereka yang kelaparan, agar dapat mendapat makanan yang layak.
Saya berharap di dalam doa sebelum makan Anda, Anda berdoa bagi mereka yang telah menyiapkan makanan ini, semoga mereka berbahagia.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia dan kebahagiaan semua makhluk adalah tanggung jawab kita semua….
Semoga….Semoga…Semoga….
Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Info Elankx - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger